Manajemen Keuangan Keluarga Agar Tetap Hemat

19.07

Manajemen Keuangan Keluarga Agar Tetap Hemat

Setiap keluarga tentunya membutuhkan keadaan keuangan yang baik. Pada hal keuangan ini, peran seorang wanita sangatlah penting. Wajar saja karena hampir seluruh keuangan keluarga diatur oleh wanita. Untuk itulah seorang wanita perlu hati-hati dalam mengelolanya. Jika sembarangan, bisa jadi keuangan keluarga menjadi berantakan dan terlilit banyak hutang. Sayangnya beberapa wanita masih belum bisa melakukan manajemen keuangan keluarga dengan baik. Apakah Anda salah satu wanita yang masih susah mengatur keuangan? Jika benar, ada baiknya Anda simak informasi berikut yang akan mengulas tentang cara mengatur keuangan keluarga yang baik dan tetap bisa hemat.

Manajemen Keuangan Keluarga
Manajemen Keuangan Keluarga 

Beberapa cara yang bisa diaplikasikan untuk mengatur keuangan keluarga agar tetap baik dan hemat adalah sebagai berikut:

 
· Sisihkan uang untuk dijadikan tabungan. Tabungan tersebut bisa Anda simpan dan bisa digunakan saat ada kebutuhan mendadak.
· Bagi kebutuhan dengan rasio yang ideal. Misalnya saja 50% pendapatan untuk keperluan sehari-hari. Sedangkan sisanya bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Misalnya pendidikan, rekreasi dan gaya hidup.
· Jangan pernah menggunakan uang keperluan sehari-hari untuk kebutuhan lain.
· Sebaiknya lakukan pembelanjaan rumah tangga setiap sebulan sekali. Kecuali kebutuhan memasak yang harus dibeli setiap hari untuk menjaga kesegarannya.
 
Agar tak membuat Anda bingung, sebaiknya catat semua pengeluaran dan pemasukan keuangan Anda.
Itulah beberapa cara untuk mengatur keuangan keluarga agar tetap hemat. Namun ada satu hal lagi yang harus diperhatikan dalam mengatur keuangan dalam keluarga yakni sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit. Apalagi jika kartu kredit tersebut hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tentunya ini akan mengganggu pengelolaan keuangan keluarga Anda karena harus membayar tagihannya setiap bulan.
 
Daripada berlangganan kartu kredit, akan lebih baik jika Anda berlangganan asuransi saja. Karena asuransi ini bisa sekaligus Anda gunakan sebagai investasi. Asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dan asuransi hari tua adalah beberapa contoh jenis asuransi yang cocok untuk Anda ikuti. Ternyata untuk melakukan manajemen keuangan keluarga agar tetap hemat sangat mudah bukan? Jadi, selamat mencoba!

You Might Also Like

0 komentar